Persiapan Tubuh Sebelum Mulai Program Hamil

Kehadiran buah hati tentunya dapat menjadi pelengkap kebahagiaan dalam keluarga. Namun kadang kehadiran anak tidak semudah yang diharapkan. Beberapa pasangan perlu menjalani program hamil untuk mewujudkan keinginannya dalam memiliki anak.

Program hamil dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari melakukan hubungan seks di masa subur atau dalam posisi tertentu, hingga melakukan bayi tabung. Agar program hamil berhasil, Anda disarankan untuk mempersiapkan tubuh dengan baik. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan di antaranya:

1. Berolahraga dengan rutin
Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain membuat tubuh terasa bugar, olahraga juga dapat menjaga ketahanan tubuh, meningkatkan kekuatan otot dan tulang serta melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang baik dapat membantu kesuksesan program hamil Anda.

Anda disarankan untuk berolahraga minimal 30 menit per hari dan lakukan sebanyak 3-5 kali setiap minggunya. Pilih jenis olahraga yang Anda sukai agar Anda lebih semangat untuk melakukannya.

2. Makan makanan dengan gizi seimbang
Makanan yang Anda makan setiap hari dapat memengaruhi kesuburan Anda. Untuk itu, perhatikan dengan baik makanan yang Anda makan selama menjalani program hamil.

Pola makan yang disarankan saat program hamil adalah perbanyak konsumsi serat dalam buah dan sayur, kurangi makanan yang mengandung asam lemak jenuh tinggi serta makanan siap saji yang memiliki kandungan gula dan garam cukup tinggi.

3. Jauhi asap rokok
Asap rokok dapat berpengaruh pada kesuburan pria maupun wanita. Selain itu paparan asap rokok juga dapat memicu kelairan prematur, bayi berat lahir rendah, terhambatnya pertumbuhan janin hingga keguguran. Jika Anda perokok, maka sebaiknya berhenti merokok selama program hamil. Dan jika Anda terpapar di lingkungan yang penuh polusi dan asap rokok sebaiknya selalu gunakan masker untuk mengurangi paparan polusi.

4. Jaga berat badan
Selama menjalani program hamil, Anda juga perlu memerhatikan berat badan. Berat badan yang terlalu kurus maupun terlalu gemuk dapat mengurangi peluang kehamilan. Selain itu berat badan berlebih juga dapat berisiko terkena penyakit gula atau tekanan darah tinggi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *